5 Makanan yang Dibungkus Menggunakan Daun Pisang

By | June 12, 2019

Pohon pisang memiliki beragam manfaat. Selain buah yang bisa dikonsumsi, daun pisang juga bisa digunakan untuk membungkus.

Daun pisang juga dapat digunakan sebagai penunjang dekorasi, juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan keagamaan, serta manfaat kesehatan.

Daun pisang mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan sendiri efektif melawan radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit.

5 Makanan yang Dibungkus Menggunakan Daun Pisang

5 Makanan yang Dibungkus Menggunakan Daun Pisang

Berikut beberapa makanan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Selain murah, daun pisang juga sangat mudah didapat.

Kue beras

Makanan berbahan dasar beras ini biasanya dibungkus daun pisang. Membuat proses pembuatan lontong sangat mudah. Bahannya hanya nasi, daun pisang, dan garam.

Pepes

Daun pisang juga digunakan untuk pepes, mulai dari nasi, ayam, ikan teri, ikan, bahkan jamur. Pepes adalah metode memasak tertua di Asia dan Amerika Latin. Ikan pepes bahkan tercatat sebagai salah satu makanan favorit mantan Presiden AS Barack Obama.

Lemper / Lontong

Lemper terbuat dari nasi ketan dan biasanya berisi ayam suwir atau cincang. Lemper adalah salah satu jajanan tradisional yang disukai oleh hampir semua lapisan masyarakat Indonesia.

Saat ini, lebih banyak nasi lebih disukai. Kombinasi antara nasi dan sayuran, daging, ikan teri, dan lainnya diproses, kemudian dibungkus menggunakan pisang duas.

Botok

Makanan Jawa ini terbuat dari bubur atau kue kelapa yang telah diekstraksi. Bubur kelapa ini dibumbui dengan cabai, garam, lada, daun salam, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Saat ini bothok telah dimodifikasi dengan petai Cina, tahu, ikan teri, udang.

Kucing Beras

Makanan ini juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkus. Dengan sambal teri, porsi nasi untuk kucing hanya setebal satu. Angkringan dapat menjual nasi kucing dengan makanan pelengkap seperti bakwan, gorengan, sate usus, dan lani lainnya.

Leave a Reply