Kontrol Nafsu Makan Anda Melalui Makan Mindful

By | June 7, 2019

Ketika Anda lapar, kita sering mengalami kebingungan, makan apa pun yang disajikan sebelum kita. Semua langsung melahap, apakah sudah dikunyah dengan benar atau tidak, yang penting masuk ke perut dan membuatnya kenyang.
Tahukah Anda, kebiasaan makan yang terburu-buru seperti itu justru akan membuat tubuh kita merasa stres dan tidak menikmati makanan yang dimakan sampai kenyang? Perut mungkin terisi segera, tetapi organ pencernaan kita bekerja lebih keras untuk menghancurkan makanan.

Tidak hanya itu, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi lebih, karena kita belum menerima sinyal penuh dari tubuh saat makan dengan tergesa-gesa. Ya, setidaknya tubuh membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk merasa kenyang.Kontrol Nafsu Makan Anda Melalui Makan Mindful

Jika terus menerus dilakukan dan menjadi kebiasaan, yang terjadi adalah bahwa berat badan akan melonjak dan tidak terkendali, bahkan dapat menyebabkan obesitas.
Tenang saja, Anda tidak perlu diet mati-matian atau menyiksa diri dengan tidak makan sama sekali demi menjaga kesehatan tubuh, kok. Ada metode makan yang dapat membantu Anda mencegah asupan kalori berlebih, yaitu makan dengan penuh perhatian.
Metode mindful eating ini membantu kita untuk lebih fokus dan sadar ketika makan makanan, sehingga kita benar-benar merasakan semua elemen dalam sebuah hidangan, mulai dari rasa, aroma, tekstur, hingga penampilan. Dengan lebih memperhatikan apa yang dikunyah, kita tidak hanya merasa kenyang, tetapi juga merasa puas.

“Banyak orang merasa kenyang saat makan, tetapi tidak banyak yang merasa kenyang, karena mereka tidak benar-benar merasakan makanan yang dimakan.
Tidak hanya itu, banyak orang sebenarnya tidak benar-benar merasa lapar, tetapi hanya untuk memuaskan keinginan mereka untuk makan. Atau, dengan kata lain ‘mata lapar’.
Untuk memastikan apakah perut kita benar-benar lapar, seorang psikolog yang akrab disapa Citra merekomendasikan terlebih dahulu melakukan pemindaian tubuh sebelum memutuskan untuk makan.
Proses pemindaian tubuh itu sendiri seperti relaksasi. Pertama-tama, mata tertutup dan tubuh rileks. Setelah itu, fokuskan perhatian mulai dari kepala, dada, hingga perut.

“Lihatlah daerah perut, apakah ada tanda-tanda kelaparan saat suhu menghangat, atau ada sedikit perasaan tertekan. Jika ya, itu berarti Anda benar-benar lapar, tetapi jika tidak, jangan paksa tubuh Anda makan, “Citra menjelaskan.
Makan makanan juga tidak melahap, tetapi menerapkan metode makan mindful. Kunyah makanan perlahan, sambil merasakan semua elemen rasa, terus mengunyah sampai benar-benar dihancurkan. Hanya dengan begitu kita bisa menelannya.

Selain itu, lanjutkan untuk makan berikutnya ketika makanan yang kita kunyah telah tertelan.
Dengan berfokus pada apa yang kita makan, perut kita akan merasa lebih cepat kenyang. Tempo secara perlahan juga akan membuat makanan lebih lembut dan mudah dicerna oleh tubuh, membuat perasaan kenyang lebih lama dan nafsu makan menjadi lebih terkontrol.

Leave a Reply