5 Kesalahan Diet Yang Dapat Memicu Penyakit

By | June 5, 2019

Mau tidak mau, kenaikan berat badan adalah yang paling ditakuti oleh hampir semua orang, terutama wanita. Meski dianggap sepele, namun penambahan berat badan bisa memengaruhi kepercayaan diri seseorang.
Untuk mempertahankan berat badan yang stabil, umumnya wanita akan melakukan diet dengan mengatur pola makan dan olahraga mereka. Namun sayangnya, masih banyak kesalahan diet yang sering dilakukan. Apa pun? Inilah ulasannya:

1. Hanya mengonsumsi makanan berprotei

Makan makanan protein untuk waktu yang lama memang bisa menurunkan berat badan secara instan. Tetapi mengonsumsi terlalu banyak protein tanpa diimbangi dengan makanan bergizi lainnya tidak baik untuk tubuh.

Alih-alih mengikis berat badan, makan terlalu banyak protein justru akan menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan, gangguan hati dan otak, kolesterol tinggi, dan kerusakan ginjal. Karena itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mengetahui jumlah protein yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.

5 Kesalahan Diet Yang Dapat Memicu Penyakit

2. Jangan makan sayur

Dilaporkan oleh Boldsky, mengkonsumsi lebih sedikit sayuran dapat menghambat penurunan berat badan. Ya, seperti diketahui, sayuran seperti brokoli, sawi, dan bayam kaya akan serat. Serat ini bermanfaat untuk meminimalkan rasa lapar dan menjaga perut Anda kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga bisa merangsang sistem metabolisme dan pencernaan, makan sayur setiap hari akan memaksimalkan pembakaran kalori dalam tubuh.

3. Tidak konsisten

Menurunkan berat badan bukanlah proses instan. Butuh setidaknya 2-4 bulan untuk merasakan hasilnya. Meskipun Anda tidak bisa merasakannya secara langsung, tetapi jika Anda tetap konsisten, Anda akan kehilangan berat badan dengan cepat.
Karena itu, tetap lakukan diet sehat dengan mengatur pola makan dan berolahraga secara teratur. Jangan berhenti melakukannya sebelum Anda menurunkan berat badan.

4. Lewati sarapan

Sarapan adalah elemen terpenting ketika menjalani proses penurunan berat badan. Para pelaku diet disarankan untuk sarapan dengan porsi yang cukup sehingga tubuh memiliki energi untuk bergerak.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan makanan sehat dalam jumlah besar saat sarapan dapat membantu menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga mengurangi minat untuk ngemil atau makan makanan tidak sehat lainnya.

5. Makan camilan setelah berolahraga

Berolahraga dapat membantu Anda mencapai berat badan yang diinginkan, tetapi jangan sesekali makan makanan ringan setelah berolahraga. Makan camilan setelah berolahraga akan menghambat pembusukan lemak, dan bahkan memicu penambahan lemak dalam tubuh, sehingga berat badan akan bertambah. Yang terbaik adalah minum banyak air atau air kelapa agar tubuh Anda tetap terhidrasi dan tingkat elektrolit tubuh Anda akan tetap stabil.

Leave a Reply