Gaya hidup sehat

By | June 1, 2019

Dalam analisis WHO, faktor utama risiko kesehatan global berasal dari pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik. Peningkatan produksi makanan cepat saji dan urbanisasi yang cepat dan gaya hidup yang tidak sehat membuat Anda rentan terhadap berbagai jenis masalah kesehatan, seperti diabetes, serangan jantung, dan kanker. Memulai gaya hidup sehat dapat mencegah Anda dari risiko kesehatan ini. Gaya hidup sehat membutuhkan komitmen jangka panjang dengan manfaat kesehatan komprehensif untuk tubuh dan kehidupan Anda. Meningkatkan kesehatan tubuh, mental dan emosional akan membantu meningkatkan kualitas hidup Anda dan membawa pengaruh positif kepada orang-orang di sekitar Anda.
Penerapan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat dapat disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, tingkat aktivitas fisik, kondisi kesehatan, bahkan kebiasaan makan Anda. Tetapi hasilnya juga akan bervariasi, Anda tidak dapat mengharapkan perubahan gaya hidup yang sama dengan seseorang yang kondisi fisik atau kesehatannya berbeda dengan Anda, misalnya mengikuti model atau atlet idola. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai gaya hidup sehat yang dapat segera diterapkan dan dijadikan kebiasaan atau rutinitas baru.

1. Ketahui status kesehatan tubuh dan buat jadwal perawatan rutin. Lakukan pemeriksaan tahunan yang mungkin tidak pernah atau jarang Anda lakukan. Segera buat janji dengan dokter jika hasil pemeriksaan kesehatan rutin menunjukkan sesuatu yang aneh. Ketahui indeks massa tubuh Anda (BMI) dan ukuran pinggang untuk memeriksa apakah ada faktor risiko penyakit ini, seperti obesitas. Anda dapat melakukan ini bersama dengan pemeriksaan rutin. Juga kenali tingkat aktivitas fisik Anda, misalnya berapa banyak kegiatan yang dilakukan dalam seminggu dan seperti apa intensitasnya. Dengan mengetahui kondisi fisik dan kesehatan tubuh Anda, Anda dapat menentukan langkah selanjutnya dari perubahan gaya hidup sehat yang tepat untuk dilakukan. Diskusikan dengan dokter Anda tentang jenis kegiatan dan pola makan yang baik untuk kondisi Anda.

2. Mengatur pola makan atau pola makan dan menghentikan kebiasaan buruk. Mulailah membuat buku harian yang mencantumkan makanan apa yang Anda konsumsi setiap hari. Buat itu tanpa penilaian. Ingat, Anda melakukan ini untuk mencari tahu apa yang perlu diubah dari diet sebelumnya. Anda tidak dapat beralih ke gaya hidup sehat jika Anda tidak tahu kebiasaan lama apa yang perlu dihilangkan atau dipertahankan. Diskusikan dengan dokter dan ahli gizi tentang jenis, jumlah asupan makanan, dan tips tentang diet terbaik dan suplemen alami yang baik untuk kesehatan …

3. Meningkatkan aktivitas fisik dan manajemen stres. Orang dewasa benar-benar perlu menyisihkan setidaknya dua setengah jam per minggu untuk kegiatan aerobik (misalnya berjalan dan berlari) dengan intensitas sedang. Atau Anda dapat menyisihkan satu jam dan 15 menit seminggu untuk melakukan aktivitas aerobik intensitas tinggi, ditambah aktivitas penguatan otot, seperti push-up dan sit-up, setidaknya dua hari seminggu. Buat kalender yang fleksibel, realistis dan menyenangkan dari aktivitas fisik dan target mingguan. Menjaga kesehatan mental juga termasuk dalam gaya hidup sehat. Aktivitas selip seperti yoga dan meditasi untuk mengatasi stres.

4. Tingkatkan waktu tidur. Buat jadwal tidur yang baik. Coba gadget, komputer, atau televisi Anda. Anda telah meninggal setidaknya dua jam sebelum waktu tidur yang ditentukan. Olahraga berat sebelum tidur juga tidak diperlukan. Anda bisa mandi air hangat dan minum secangkir teh untuk menenangkan tubuh dan pikiran Anda, yang membantu Anda tidur cepat. Jangan meremehkan gangguan tidur, segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat, jika tidur Anda memiliki masalah.

5. Tingkatkan interaksi dengan orang-orang di sekitar Anda. Perubahan gaya hidup bukan hanya diet dan olahraga, interaksi sosial dengan orang-orang di sekitar Anda juga sangat berkontribusi terhadap kesehatan mental dan emosional Anda. Anda tidak perlu menyamakan semua aspek kehidupan Anda dengan tetangga atau teman Anda, tetapi Anda masih perlu meluangkan waktu untuk bersosialisasi, baik itu virtual atau tatap muka. Meningkatkan hubungan sosial masyarakat akan memberikan kenyamanan. Namun, jika Anda merasa sulit untuk bersosialisasi, atau jika Anda berada dalam hubungan yang tidak sehat, maka Anda perlu mencari dokter segera sehingga Anda dapat membantu Anda menemukan sumber masalah dan cara mengatasinya.

Leave a Reply