Bahaya Tidur dengan Kipas Angin untuk Kesehatan, inilah Sebabnya

By | June 15, 2019

Udara panas di musim kemarau membuat tidur menggunakan AC atau kipas angin menjadi pilihan kebanyakan orang. Sayangnya, tidur dengan kipas angin ternyata buruk bagi Anda.

Mark Reddick, penulis di The Sleep Advisor mengklaim bahwa tidur menggunakan kipas angin dapat memicu alergi. Ini juga buruk bagi orang yang menderita asma.

“Bagi sebagian orang, tidur dengan kipas angin membantu mereka tidur dan tidur di malam hari. Bagi yang lain, tidur justru membuat mereka terjaga, memicu serangan asma, atau membuat mata kering,”

Bahaya Tidur dengan Kipas Angin untuk Kesehatan, inilah Sebabnya

Bahaya Tidur dengan Kipas Angin untuk Kesehatan, inilah Sebabnya

Pemicu alergi atau asma

Kipas juga membuat debu bergerak di sekitar ruangan. Jika Anda rentan terhadap alergi, asma, dan demam, ini dapat menyebabkan banyak masalah. Mark merekomendasikan Anda untuk membersihkan kipas sebelum menggunakannya.

“Jika debu menumpuk di bilah kipas, partikel-partikel akan terbang di udara setiap kali kamu menyalakannya.”

Kulit kering

Dia juga menjelaskan bahwa hembusan udara yang konstan juga membuat Anda berisiko memiliki kulit kering ketika tidur dengan kipas angin. Losion dan pelembab mungkin membantu mencegah hal ini, tetapi jika kulit terlalu kering, Anda harus memantaunya.

“Yang perlu dipertimbangkan adalah beberapa orang tidur dengan mata terbuka sebagian. Aliran udara yang mantap akan membuat mata kering dan menyebabkan iritasi.”

Tips mengurangi panas

Ada beberapa cara Anda bisa merasa dingin dalam serangan gelombang panas. Salah satunya dengan menggunakan warna-warna tertentu atau bahan reflektif di luar jendela.

“Jika ini tidak memungkinkan, gunakan tirai berwarna cerah. Karena tirai logam dan tirai gelap bisa membuat ruangan lebih panas.”

Selain itu, Anda juga disarankan minum secara teratur, seperti air putih dan jus buah. Juga hindari kelebihan alkohol, minuman berkafein, dan gula tinggi.

Leave a Reply