7 Cara Sederhana untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

7 Cara Sederhana untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

Memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap orang. Namun, menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah, meskipun berbagai cara telah dilakukan.
Biasanya, keinginan untuk memiliki tubuh yang ideal memiliki berbagai konsekuensi, seperti harus mengubah pola makan atau pola makan dan berolahraga secara teratur.

Untuk ini, beberapa orang merasa sulit menurunkan berat badan karena tidak ada waktu untuk melakukan aktivitas olahraga secara teratur dan malas untuk mengubah pola makan mereka. Ternyata, ada cara alternatif dan mudah yang dapat membantu Anda mengurangi lemak dalam tubuh Anda tanpa harus melakukan diet ketat dan olahraga teratur.

Berikut adalah tujuh cara alternatif sederhana untuk menurunkan berat badan tanpa harus diet dan berolahraga, seperti dikutip dari Medical Daily.

7 Cara Sederhana untuk Mengurangi Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

1. Kunyah Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah makanan dengan cepat memiliki risiko lebih tinggi untuk meningkatkan berat badan dibandingkan dengan mengunyah secara perlahan.

2. Minumlah air secara teratur

Minum air putih secara teratur dapat membantu tubuh merasa kenyang dan mengurangi berat badan, terutama jika minum dilakukan 30 menit sebelum makan.

3. Sembunyikan makanan yang tidak sehat

Mengurangi porsi makanan saja sulit, terutama tidak memakannya. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah tidak melihat makanan.

Simpanlah makanan favorit Anda yang kurang atau tidak sehat di dalam lemari atau kulkas agar Anda tidak tergoda untuk memakannya. Penelitian menunjukkan, sering melihat makanan berkalori dapat meningkatkan rasa lapar.

4. Gunakan piring kecil

Selalu gunakan piring kecil saat makan. Piring-piring kecil dapat membuat makanan terlihat lebih besar dan otak akan menangkapnya seperti itu. Jika Anda menggunakan piring kecil, porsi makanan tidak sehat menjadi lebih kecil.

5. Hindari memainkan smartphone dan gadget saat makan

Menghindari kebiasaan menggunakan smartphone saat makan siang, akan membuat Anda menghabiskan makanan lebih cepat dan Anda tidak menambah makanan karena masih ada. Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang fokus mengonsumsi makanan lebih sedikit.

6. Tidur yang cukup

Dengan tidur yang cukup, metabolisme akan bekerja dengan baik dan juga mencegah Anda kelaparan di malam hari. Sebaliknya, kurang tidur bisa jadi hormon leptin dan hormon ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar, menjadi terus aktif.

7. Gunakan piring merah

Penelitian menunjukkan, menempatkan makanan yang tidak sehat di piring merah dapat mengurangi nafsu makan. Para peneliti menyarankan, warna merah memberi tanda penolakan ke otak, sehingga membuat tubuh kita berhenti makan makanan yang tidak sehat.

Perubahan gaya hidup dengan menerapkan metode sederhana ini bisa berdampak signifikan pada tubuh. Namun perlu diingat, hasilnya tidak akan instan, tetapi mungkin hanya akan terlihat dalam waktu yang lama.

Be the first to comment

Leave a Reply